CARA PENGGUNAAN

Buat RAB proyek Anda di Estimator.id, bagaimana caranya?


Buat Akun Estimator Anda

Untuk dapat mulai mengerjakan Rencana Anggaran Biaya proyek, Anda perlu membuat akun sebagai Estimator.

  1. Pada area Daftar, pilih Daftar sebagai : Estimator
  2. Masukkan alamat email aktif Anda
  3. Klik Daftar
  4. Cek email Anda. Estimator.id secara otomatis akan mengirimkan email verifikasi akun Anda
  5. Klik Konfirmasi Email
  6. Akun Anda telah aktif dan Anda langsung dapat melengkapi Data Profil Anda agar bisa mulai membuat proyek
  7. Mulai buat proyek Anda

Mulai Proyek Anda

Dengan menggunakan Estimator.id, RAB proyek-proyek yang Anda kerjakan akan tersimpan secara otomatis. Laporan RAB setiap proyek dapat dengan mudah Anda temukan melalui pencarian Nama Proyek, Wilayah, ataupun Tahun. Berikut adalah cara untuk mulai membuat RAB proyek.

  1. Klik Mulai Proyek Anda
  2. Lengkapi Data Profil Proyek Anda
  3. Klik Simpan & Lanjutkan
  4. Anda akan otomastis masuk ke halaman Estimasi Proyek Anda

Buat Estimasi Anggaran Proyek Anda

Setelah masuk ke halaman Estimasi Proyek Anda, Anda dapat mulai mengerjakan Rencana Anggaran Biaya proyek. Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat laporan Rencana Anggaran Biaya proyek.

1. Menentukan Kategori Pekerjaan

Untuk mulai mengerjakan Rencana Anggaran Biaya, Anda perlu memasukkan kategori pekerjaan apa saja yang akan Anda buat dalam laporan Rencana Anggaran Biaya.

  1. Pada area Tentukan kategori pekerjaan!, masukkan kategori pekerjaan yang akan Anda isi. Misal : Pekerjaan Persiapan, Pekerjaan Struktur, dan sebagainya
  2. Klik Selesai & Simpan
  3. Klik Tambah Kategori untuk menambahkan jenis pekerjaan berikutnya
  4. Masukkan kategori pekerjaan berikutnya yang akan Anda isi dan klik Selesai & Simpan
  5. Lakukan hal yang sama sampai seluruh kategori pekerjaan Anda terisi semua

2. Input Item Pekerjaan

Jika seluruh kategori pekerjaan telah diisi semua, Anda dapat mengisi detil item pekerjaan dari setiap kategori pekerjaan yang telah Anda masukkan.

  1. Pada kategori pekerjaan pertama (misal : Pekerjaan Persiapan), klik tanda + (Tambah Item Pekerjaan) yang berada di bawah kolom Aksi
  2. Klik tanda (Cari) di sebelah kiri Uraian Pekerjaan untuk melihat seluruh daftar item pekerjaan yang akan Anda masukkan
  3. Pilih sumber standar harga apa yang akan Anda gunakan pada kolom Sumber
  4. Masukkan jenis kategori pekerjaan yang Anda cari itemnya dalam kolom Kategori Pekerjaan. Seluruh daftar item pekerjaan dari kategori pekerjaan yang Anda cari akan muncul
  5. Klik tombol (Centang) pada kolom Pilih, maka secara otomatis item pekerjaan yang Anda pilih akan terisi pada kolom Uraian Pekerjaan, Satuan dan Harga Satuan
  6. Pilih Tambah Item untuk menambah item pekerjaan berikutnya
  7. Lakukan hal yang sama sampai seluruh item pekerjaan di kategori pekerjaan tersebut terisi semua
  8. Klik Selesai & Simpan. Detil item pekerjaan secara otomatis akan muncul di bawah kategori pekerjaan
  9. Lakukan hal yang sama sampai seluruh item pekerjaan di masing-masing kategori pekerjaan terisi semua
  10. Apabila menambahkan item pekerjaan yang sama akan terjadi proses sinkronisasi rincian. Jika salah satu rincian item pekerjaan tersebut Anda ubah, secara otomatis rincian item pekerjaan yang sama juga akan mengalami perubahan

3. Input Volume Pekerjaan

Jika masing-masing item pekerjaan dalam setiap kategori telah terisi semua, Anda dapat mengisi volume dari masing-masing item pekerjaan.

  1. Pada kolom Aksi, klik Edit Volume yang berada di sisi kanan tanda +
  2. Jika total volume telah Anda ketahui, isikan total volume pada kolom Total Volume
  3. Jika total volume belum diketahui, Anda dapat langsung menghitungnya di area Rincian Volume
  4. Masukkan jumlah area, panjang, dan lebar/tinggi pada masing-masing kolom yang disediakan. Secara otomatis hasil perhitungan akan muncul di kolom Jumlah Volume
  5. Klik Tambah Rincian untuk melakukan perhitungan penjumlahan total volume
  6. Klik Pengurangan Rincian untuk melakukan perhitungan pengurangan total volume
  7. Klik Selesai & Simpan
  8. Lakukan hal yang sama untuk mengisi volume seluruh item pekerjaan pekerjaan

4. Edit Analisa Harga Satuan Pekerjaan

Apabila harga satuan dari salah satu item pekerjaan ada yang tidak sesuai dan ingin diubah, Anda dapat melakukan pengubahan harga satuan tersebut.

  1. Pada kolom Aksi, klik Edit AHS yang berada di sisi kanan tanda +
  2. Jika harga satuan yang akan diubah telah Anda ketahui, Anda dapat langsung mengisi harga satuan yang baru pada kolom Harga Satuan
  3. Anda juga dapat mengubah harga satuan dengan cara mengubah Rincian AHS. Pada area Rincian AHS, akan ditampilkan detil harga Bahan, Upah, dan Alat yang digunakan pada item pekerjaan
  4. Klik Ubah Rincian di bawah kolom Aksi, untuk mengubah rincian AHS
  5. Isi data apa saja yang akan Anda ubah
  6. Klik Perbaharui. Rincian AHS Anda otomatis akan berubah sesuai dengan perubahan yang Anda lakukan
  7. Klik tanda + (Tambah Rincian) di bawah kolom Aksi, jika Anda ingin menambahkan item Bahan, Upah, dan Alat dalam item pekerjaan tersebut
  8. Pastikan setiap item dalam Bahan, Upah, dan Alat dalam Rincian AHS tidak ada yang bernilai nol. Karena nilai nol akan membuat hasil Laporan Rencana Anggaran Biaya yang Anda buat tidak dapat diekspor

5. Melakukan Duplikasi Item

Fitur Duplikat digunakan untuk menambahkan jenis item pekerjaan yang sama dalam satu kategori pekerjaan.

  1. Pada kolom Aksi, klik Duplikat yang berada di sisi kanan tanda +
  2. Secara otomatis item pekerjaan yang Anda duplikat tersebut akan muncul dalam satu kategori pekerjaan Anda
  3. Apabila Anda melakukan perubahan volume atau harga satuan pada salah satu item pekerjaan yang Anda duplikat, maka perubahan tersebut hanya akan terjadi pada item pekerjaan yang Anda ubah

6. Menghapus Item Pekerjaan

Apabila ada kategori ataupun item pekerjaan yang tidak jadi digunakan atau ingin dihapus, Anda dapat menghapusnya.

  1. Untuk menghapus item pekerjaan, pada kolom Aksi, klik Hapus yang berada di sisi kanan tanda +
  2. Secara otomatis, item pekerjaan tersebut akan terhapus dari daftar item pekerjaan Anda
  3. Untuk menghapus semua item pekerjaan di satu kategori pekerjaan, pada kolom Aksi, klik (Hapus Item Pekerjaan) yang berada di sisi kanan tanda +
  4. Secara otomatis, semua item pekerjaan tersebut akan terhapus dari kategori pekerjaan tersebut

7. Melakukan Ekspor Laporan

Jika seluruh item pekerjaan telah Anda isi, pengerjaan Rencana Anggaran Biaya telah selesai dilakukan. Anda dapat melihat hasil Laporan Rencana Anggaran Biaya proyek Anda di Laporan. Hasil laporan tersebut juga dapat diekspor sesuai dengan kebutuhan Anda.

  1. Klik Laporan di sudut kanan atas untuk melihat hasil laporan RAB yang Anda kerjakan
  2. Semua rincian laporan dapat Anda lihat mulai dari: Rincian Bahan, Rincian Upah, Rincian Alat, Rincian Harga Satuan, Rincian Volume, RAB, Rekapitulasi Bahan, Rekapitulasi Upah, dan Rekapitulasi Alat
  3. Klik Ekspor Semua Data untuk ekspor seluruh detil laporan RAB atau klik Ekspor Data untuk memilih jenis data laporan RAB tertentu
  4. Hasil ekspor Laporan RAB proyek Anda akan ditampilkan dalam format Microsoft Excel

Selamat mencoba!